Rabu, 02 Oktober 2013

Field Report : Trip To Kamojang

Selasa, 24 September 2013

Ceritanya tar siang jam 1 kita berangkat ke stasiun Paron-Ngawi untuk meluncur ke Bandung dalam rangka Studi Ekskursi Mata Kuliah Teknik Panas Bumi ke PT. Pertamina Geothermal Energy - Kamojang. Sebelum keberangkatan, paginya kami mendiskusikan rencana keberangkatan sekaligus bagi-bagi uang saku. Muehehe ^^ berikut gambaran kondisi didalam kelas.

Maafkan kami yang suka narsis ya Allah -____-"
Singkat cerita, setelah makan siang dan berangkat dari asrama Vyatra dan menempuh waktu sekitar 2 jam, terdamparlah para mahasiswa STEM "Akamigas" yang cakep-cakep (kalo diliat dari sedotan) ini di Stasiun Paron Ngawi.
#eaaaaaaaaaaaa
Setelah sekitar 45 menit menunggu sambil leyeh-leyeh dan hunting cemilan disekitar Stasiun, Kereta pun datang, dan kami pun langsung menyerbu gerbong 4. Pada perjalanan berangkat ini untungnya kami bisa berkumpul dalam 1 gerbong, makin rame aja =D. Perlu menjadi catatan, kebanyakan dari kami baru kali ini naik kereta. Huahahaha ! Tapi aku engga lah ya, pernah waktu kecil dulu kok ^^

Sekilas penampakan kami d kereta

Rabu, 25 September 2013

Sekitar pukul 5.30 pagi tibalah kami di Stasiun Kiara Condong-Bandung dengan muka awut-awutan dan badan yang pegel-pegel gegara tidur jungkir balik sepanjang perjalanan. Kami pun langsung bertolak menuju Pusdiklat Geologi Bandung di daerah Cisitu lama untuk menginap disana sebelum melaksanakan praktek esok harinya.

Sekitar 20 menit dari Stasiun, dan jreng jreng jreeeengg ....

Pusdiklat Geologi Bandung menyediakan penginapan untuk keperluan diklat maupun untuk mahasiswa dengan keperluan studi ekskursi seperti kami. Tempatnya bagus, seperti hotel pada umumnya dengan harga yang ekonomis !! Hahahahaha ! Bisa hemat budget uang saku buat belanja. Setibanya kami di kamar, kami pun menyerbu ke sekitar Pusdiklat untuk berburu sarapan pagi. Banyak pilihan makanan yang tersedia disekitar Pusdiklat, dari nasi kuning, nasi campur, dan lain-lain. Setelah mengisi perut, kami memilih tidur sebentar di kamar dan para gadis pun mempersiapkan amunisi di dompet buat jalan-jalan ke Ciwalk. Hahahaha ^^

Kamis, 26 September 2013

Pukul 5.00 pagi kami sudah meluncur ke Kamojang, perjalanan ke Kamojang yang cukup jauh sekitar 3 jam dari Pusdiklat Geologi Bandung.

Setibanya di PT. Pertamina Geothermal Energy kami disambut dengan hangat walau kondisi disana cukup membuat gigi gemertak kedinginan.
Sempet sempetin buat foto ^^
Kami pun diajak ke Ruang Rapat untuk mendapatkan pengarahan dan tanya jawab dari PT. Pertamina Geothermal Energy.
Briefing oleh yang mewakili Direktur PT.PGE
Setelah briefing, kami diajak melihat lihat kondisi lapangan.

Area Sumur Produksi Panas Bumi
Sebenarnya masih banyak foto-foto mengenai PT. PGE-Kamojang, tapi keknya lebih cocok ditampilkan sebagai lampiran Laporan Praktek =D

Foto bersama Prodi Keinspekturan dan MPE di depan PLTP Kamojang Unit 4
Foto bersama Pak Apud Djadjulie Kaprodi MPE
Setelah berpamitan dengan PT.PGE-Kamojang. Kita berkunjung ke beberapa manifestasi panas bumi yang dijadikan tempat wisata di Kamojang.
Salah satu sumur produksi panas bumi yang di bor oleh Belanda masih mengeluarkan uap sampe sekarang
Foto bareng Dosen Panas Bumi Pak A.D. Djumarma
Setelah puas jalan jalan kami pun langsung bertolak ke Stasiun untuk kembali ke pangkuan kota Cepu nan Panas -_____-".

Sekian Field Report kali ini. Laporan jalan jalan berikutnya pasti aku share lagi ^^