Senin, 03 Juni 2013

Belajar Make Up : Tips dan Trik

Beberapa minggu ini entah kenapa gue rajin banget browsing review produk make up sama tutorialnya dan akhirnya keracunan juga ikut nyoba belajar make up. Oke langsung aja, berikut adalah tips dan trik make up ala gue yang notabene masih baru dalam hal beginian. Muahahaha =D Check this out !!


1. Wajah bersih
Cuci muka menggunakan sabun muka / facial foam. Bahkan sebelum menggunakan make up bersihkan muka menggunakan pembersih wajah.
Gue menggunakan :
Ponds Flawless White Deep Whitening Facial Foam

Sariayu White Aromatic, biru untuk kulit normal-berminyak, hijau untuk normal-kering
 2. Moisturizer / Pelembab
Aplikasikan secara merata Moisturizer / Pelembab sampai benar-benar meresap.
Gue menggunakan :
Ponds Flawless White Visible Lightening Day Cream
3. Foundation / Alas bedak
Foundation berfungsi untuk menutupi noda hitam atau bekas jerawat dan warna kulit tidak merata pada wajah, bukan untuk membuat muka kelihatan lebih putih. Untuk itu pilihlah shade yang sama atau paling mendekati dengan warna muka untuk tampilan lebih natural. Bisa juga dengan mencampurkan shade yang satu tingkat lebih terang dengan yang satu tingkat lebih gelap. Foundation dilihat dari bentuknya terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu : cair, padat, whipped cream, dan mousse. Aplikasikan foundation dengan jari, spons maupun kuas foundation.

Tips : 
  • Saat memilih, tes foundation di rahang bawah, apabila setelah diaplikasikan warnanya sama dengan kulit wajah dan leher, maka anda telah mendapatkan shade yang cocok. 
  • Apabila anda tidak ingin whitecast saat difoto menggunakan kamera hp, gunakan foundation yang non spf, karena spf pada foundation memantulkan flash sehingga muka tampak greyish atau pucet seperti hantu saat difoto =D
  • Untuk kulit kering pilih foundation yang oil-based, sedangkan untuk kulit berminyak pilih foundation yang water-based / mineral foundation.
Gue menggunakan :
Revlon Colorstay Whipped Creme : Warm Golden


4. Concealer
Concealer digunakan untuk menutupi bayangan hitam dibawah mata atau noda hitam dan bekas jerawat yang tidak tercover sempurna oleh foundation. Bentuk concealer : cair dan padat/stik.
Gue menggunakan :
Oriflame Very Me Concealer : Light
 5. Loose Powder / Bedak Tabur
Aplikasikan Bedak Tabur secara merata menggunakan kuas untuk menyerap minyak pada wajah. Pilihlah shade sesuai dengan warna kulit.
Gue menggunakan :
Revlon Touch & Glow Loose Powder
6. Eyeliner
Karena gue masih ga berani make eyeshadow *ceilah. Jadi eyeshadownya di skip langsung make eyeliner aja. Pengaplikasian eyeliner pada atas kelopak mata membuat mata seolah lebih besar *padahal segitu gitu aja*. Kalo mau lebih dramatis tinggal tambahkan eyeliner di bawah mata deh. Bentuk-bentuk eyeliner : cair, crayon, pensil, gel dan spidol. Untuk pemula kaya gue, lebih mudah menggunakan eyeliner dengan bentuk spidol, pensil ato crayon. Kalau tangan udah stabil pas makenya bisa dicoba yang cair dan gel, karena menggunakan kuas pada eyeliner ga semudah kelihatannya :'(. Telitilah dalam memilih eyeliner, bedakan kata "tahan lama" dengan "waterproof", apabila anda mencari eyeliner yang waterproof, maka cari yang bener-bener ada tulisan waterproof-nya. Karena tahan lama belum tentu waterproof :'( *pengalaman pribadi*
Gue menggunakan :
Revlon Colorstay Crayon Eyeliner Black


7. Blush on
Blush on digunakan untuk memberi rona segar pada wajah. Padankan dengan warna kulit. Untuk warna kulit terang gunakan warna pink segar, sedangkan untuk warna kulit gelap gunakan warna pink gelap (mirip merah bata). Aplikasikan satu arah dengan kuas dari atas cuping telinga ke ujung hidung. Hindari pengaplikasian tepat pada applechick karena akan menimbulkan kesan chubby yang berlebihan =D
Gue menggunakan :
Oriflame Perfect Blush : Classic Rose
8. Lipstick
Untuk tampilan natural, gunakan lipstik warna nude atau pink alami. Agar bibir tidak kering setelah lama memakai lipstick, aplikasikan lipbalm terlebih dahulu. Untuk menambah kesan penuh pada bibir tambahkan lipgloss bening atau sewarna dengan lipstick.
Gue menggunakan :
Lip Ice Sheer Color
Revlon Super Lustrous Lipstick : Ginger Rose

Well, secara keseluruhan sih gitu daily make up gue. Eyeshadow dan Shading masi belom berani =D mau yang natural natural aja. Muahaha =D
Sedikit tips tambahan, jangan gunakan make up terlalu lama apalagi tidur menggunakan make up. Gunakan make up paling lama 12 jam, kemudian bersihkan. Agar kulit bisa bernafas, pori pori kulit yang terlalu lama tertutup oleh make up plus debu selama beraktivitas sangat memicu yang namanya "jerawat". Untuk membersihkan make up mata yang waterproof dan lipstick pada bibir, gunakan pembersih khusus daerah mata dan bibir, karena area tersebut lebih sensitif terhadap pembersih wajah biasa. Contohnya :
Maybelline Make Up Remover Eye and Lip
Namun demi asas hemat pangkal kaya, gue menggunakan baby oil untuk menggantikan eye and lip remover. Muahahaha =D beginilah penampakannya :
Baby Oil Cussons Baby Soft and Smooth
Demikianlah tips and trik make up ala amatiran kaya gue. Semoga bermanfaat bagi amatiran yang lagi keracunan make up kaya gue ^^

NB. Minta saran dong foundation non spf di Indonesia apaan yak ? Yang ga bikin whitecast difoto. Kalo tau, please comment yahh. Thanks ^^

2 komentar:

  1. Mbak, harganya sekalian cantumin., hahaaha

    BalasHapus
  2. thank info nya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2wDDymQ

    BalasHapus